14 Orang Tewas, 25 Luka-luka Dalam Penembakan di Universitas Praha

Ingetberita.com, Jakarta -Sedikitnya 14 orang tewas dalam penembakan sebuah universitas di ibu kota Ceko, Praha pada Kamis.

Presiden Kepolisian Ceko Martin Vondrasek mengatakan 14 orang tewas dan 25 luka-luka, termasuk 10 orang dalam kondisi serius, dalam penembakan di Fakultas Seni Universitas Charles.

Read More

Dia mengatakan ada banyak sekali gudang senjata dan amunisi di dalam gedung fakultas. “Jika bukan karena intervensi cepat dari polisi, akan ada lebih banyak korban lagi.”

Sebelumnya, Vondrasek mengatakan kepada wartawan, lebih dari 15 orang kehilangan nyawa dan sedikitnya 24 lainnya luka-luka.

Melalui media sosial X, polisi masih menyelidiki identitas para korban yang salah satunya merupakan warga negara asing.

Menurut Kantor Berita Ceko (CTK), polisi setempat diberitahu bahwa seorang pemuda dari Hostoun di Wilayah Bohemia Tengah akan berangkat ke Praha, dengan mengatakan bahwa dia ingin bunuh diri. Sekitar 25 menit kemudian, ayah pemuda tersebut ditemukan tewas di Hostoun, dan polisi kemudian melakukan pencarian terhadap putranya sebagai tersangka.

Polisi juga diberitahu penembak akan memberikan ceramah di gedung Fakultas Seni di Jalan Celetna di Praha. Oleh karena itu, mereka mengevakuasi gedung tersebut, namun penembakan terjadi di gedung lain di Jan Palach Square.

Perdana Menteri Ceko Petr Fiala mengatakan saat ini, penembakan tersebut tampaknya merupakan tindakan seorang pria bersenjata, dan itu bukan terorisme internasional atau tindakan kelompok terorganisir.

Menteri Dalam Negeri Vit Rakusan menyebut penembakan itu sebagai “aksi mengerikan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Republik Ceko”.

Ia mengatakan tidak ada indikasi bahwa penembakan itu ada kaitannya dengan terorisme internasional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *