40 Ribu Pasangan Nikah Siri di Tasikmalaya Urus KK

Billberryplus

Ingetberita.com,Tasikmalaya- 40 ribu pasangan nikah siri di Kabupaten Tasikmalaya mengurus administrasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya. Mereka membuat Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran Anak.

Kondisi ini terjadi setelah keluarnya kebijakan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pasangan yang memutuskan menikah secara siri tetap akan mendapat pengakuan dari pemerintah.

Dimana namanya akan tertera dalam Kartu Keluarga (KK) lelaki yang menikahinya. Itu pun kedua orang tua nya harus memiliki persyaratan Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPJM) agar bisa diterbitkan akta kelahirannya.

Adminduk ini Untuk memenuhi hak sipil anak yang lahir dari pasangan suami/istri yang pernikahannya belum tercatat secara negara atau baru nikah siri.

“Pemerintah atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengeluarkan kebijakan atau inovasi baru ini untuk memenuhi hak sipil anak.”kata Wini Kadisdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/10/2021).

Meski masuk dalam data yang urusi ADMINDUK jumlahnya 40 ribu, namun jumlah perkawinan siri di Kabupaten Tasikmalaya belum bisa dipastikan jumlahnya.

banner 728x90

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *