Aliansi Advokat Indonesia Bersatu Siap Dukung Prabowo-Gibran

Ingetberita.com,Jakarta- Ratusan advokat dari 186 kota di Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Advokat Indonesia Bersatu (AAIB) menyatakan dukungan untuk pasangan calon dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal ini mereka nyatakan dalam pertemuan di Jakarta, Kamis (16/11) malam.

Ketua AAIB, Otto Hasibuan menceritakan awal mula datangnya dukungan dari para advokat untuk Prabowo dan Gibran. Menurutnya hal itu bermula ketika ratusan advokat membahas soal kondisi carut-marutnya penegakan hukum di negeri ini dalam suatu pertemuan di Jakarta pada Kamis malam (16/11).

Adapun berbagai persoalan hukum yang dibahas salah satunya adalah soal wacana percepatan pembentukan Dewan Advokat Nasional (DAN) yang didukung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD.

Menurutnya hal ini mengancam independensi advokat dan organisasinya. Ini tidak boleh terjadi karena prinsip organisasi advokat adalah independen sebagaimana dinyatakan dalam UU Advokat dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“DAN ini tahun 2014 lalu pernah digagas oleh DPR tapi akhirnya dibatalkan, karena mereka menyadari bahwa itu tidak benar walaupun waktu itu memerlukan upaya keras dari advokat seluruh Indonesia, berkumpul di sini sampai 10 ribu orang untuk menolak DAN,” ujar Otto dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11/2023).

Dia menilai para advokat menolak pendirian DAN karena menjadikan advokat tidak independen. Pasalnya, menjadi di bawah kendali pemerintah. Padahal, pemerintah sudah mempunyai wakilnya dalam penegakan hukum, di antaranya polisi, jaksa, dan hakim.

“Kalau sampai itu terjadi, berarti advokat itu berada di dalam kekuasaan pemerintah, dia bisa dikontrol pemerintah. Yang menjadi korban itu adalah pencari keadilan, klien-klien kita, masyarakat pencari keadilan. Bagaimana kami bisa membela klien kami dengan baik kalau kami dikontrol pemerintah,” terangnya.

Ia menambahkan terkait carut marut berbagai persoalan hukum di negeri ini, para advokat dalam pertemuan tersebut berpendapat harus menentukan sikap politik demi bangsa dan negara, khususnya di bidang penegakan hukum. Perlu pemimpin yang berkomitmen menjadikan hukum sebagai panglima dalam berbagai sendi atau lini kehidupan negeri ini.

Para advokat yang sependapat, akhirnya sepakat mendirikan AAIB dan berhimpun di dalamnya serta menunjuk Otto sebagai ketua dan R. Dwiyanto Prihartono sebagai sekretaris. Ratusan lawyer ini menilai dari ketiga pasangan Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran yang mampu membenahi berbagai sengkarut di bidang hukum.

“Kita sepaham bersama-sama memilih untuk mendukung Prabowo-Gibran, maka kita bersatu untuk memperjuangkan Prabowo-Gibran,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *