AS Kucurkan Dana Hibah Rp 39 Miliar untuk Proyek IKN

Ingetberita.com,Jakarta- Amerika Serikat memberikan dukungan untuk memajukan pembangunan keberlanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat memberikan dana hibah sebesar 2,49 juta dollar atau setara Rp39 miliar kepada otorita IKN.

Dana Rp39 miliar akan dipakai untuk bantuan teknis guna mengembangkan desain rinci hingga pengembangan infrastruktur prioritas kota pintar IKN.

Selain itu, pada April 2024 akan ada pengiriman delegasi penentu keputusan dari IKN untuk bertemu mitra potensial dari Amerika Serikat yang berada di tiga negara bagian yaitu New York, Texas, dan California.

USTDA menyetujui dana hibah sebesar US$2,49 juta atau setara dengan Rp 39 miliar kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk bantuan teknis.

“Dana tersebut guna mengembangkan desain rinci, spesifikasi teknis, dokumentasi pengadaan, dan strategi peningkatan kapasitas dalam mendukung pengembangan infrastruktur prioritas kota pintar Nusantara,” menurut pernyataan tertulis dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, pada Kamis, 7 Maret 2024.

Selain itu, pada bulan April 2024, USTDA juga akan menjadi tuan rumah misi perdagangan dari Indonesia yang terdiri dari delegasi pejabat senior dan para pengambil keputusan yang memimpin perencanaan, pembiayaan, dan implementasi Nusantara untuk melakukan kunjungan ke Amerika Serikat.

“Di antara banyak proyek kami lainnya di negara ini, USTDA hadir untuk mendukung upaya Indonesia membangun ibu kota baru kelas dunia, sebuah upaya menantang yang juga menciptakan banyak peluang kerja sama,” lanjutnya.

Delegasi tersebut akan melakukan perjalanan ke New York, Houston, Austin, dan Los Angeles untuk mempelajari tentang teknologi dan aplikasi kota pintar AS, mengembangkan hubungan bisnis, serta membahas sumber daya dan peluang pembiayaan investasi.

“USTDA memiliki sejarah kemitraan yang kaya dengan Indonesia, dengan fokus memajukan prioritas infrastruktur Indonesia yang dapat didukung oleh sektor swasta AS melalui inovasi-inovasi mutakhir,” kata Direktur Ebong.

“Kami memiliki komitmen yang sama dengan Indonesia untuk mengembangkan infrastruktur berkualitas tinggi yang akan menumbuhkan dan mempertahankan kesejahteraan jangka panjang di seluruh wilayah di negara ini.” Direktur USTDA Ebong mengumumkan inisiatif baru itu dalam Forum Bisnis USTDA Nusantara di Jakarta pada 7 Maret bersama Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *