Banjir Bandang di Kota Padang Panjang Kerugian Materi Capai Rp5 Miliar

Ingetberita.com,Padang- Banjir bandang yang melanda beberapa daerah di Sumatra Barat pada Sabtu (11/5/2024) juga tidak menyisakan Kota Padang Panjang. Banjir tersebut menyebabkan kerugian materi yang signifikan dan berdampak pada kehidupan warga di empat kelurahan.

Berdasarkan laporan dari akun Facebook Kominfo Padang Panjang pada Selasa (14/5/2024), total kerugian akibat bencana ini diperkirakan mencapai Rp5 miliar.

Berikut adalah dampak yang dirasakan di masing-masing kelurahan yang terkena banjir bandang:

  1. Kelurahan Pasar Usang
    • Meluapnya Sungai Lubuk Mata Kucing memutuskan jalan ke Nagari Singgalang, Kabupaten Tanah Datar.
    • Pemandian Lubuk Mata Kucing dan dua warung milik warga hanyut terbawa arus sungai.
  2. Kelurahan Silaiang Bawah
    • Sungai Batang Aia Sangkua meluap, menyebabkan dua unit rumah di pinggir sungai hanyut.
    • Korban jiwa dari kejadian ini adalah Ratna Yulidawati (40) dan Fikri (15), sementara Elnawati (29) masih dirawat di RSUD Padang Panjang.
  3. Kelurahan Sigando
    • Banjir di kelurahan ini menyebabkan enam rumah warga di Solok Batuang terendam air.
  4. Kelurahan Ekor Lubuk
    • Luapan air sungai di Gajah Tanang merendam Balai Benih Ikan (BBI) dan beberapa rumah warga.

Pemerintah Kota Padang Panjang bersama dengan instansi terkait sedang melakukan penilaian lebih lanjut terhadap kerusakan dan berkoordinasi untuk langkah-langkah pemulihan.

Upaya tersebut mencakup penanganan darurat bagi korban terdampak serta perbaikan infrastruktur yang rusak untuk mengembalikan kondisi ke normal.

Wali Kota Padang Panjang telah memanggil rapat koordinasi darurat untuk mengatur distribusi bantuan dan strategi rehabilitasi, serta memastikan bahwa bantuan yang diperlukan dapat segera dialokasikan untuk membantu warga yang terkena dampak banjir bandang.

Kejadian ini mengingatkan pentingnya sistem peringatan dini yang efektif dan kesiapan infrastruktur yang memadai untuk menghadapi potensi bencana serupa di masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *