Bantu Rakyat Papua Kemhan Riset Vaksin Malaria untuk

Ingetberita.com,Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan pihaknya terus melakukan riset bersama negara lain untuk mencari vaksin penyakit malaria. Hal itu untuk membantu masyarakat Papua agar terhindar dari penyakit malaria.

Hal itu diungkap Prabowo saat meresmikan Rumah Sakit TNI Tingkat IV di Timika, Papua, Jumat (10/11/2023). Awalnya Prabowo menyebut sejumlah dataran rendah di Papua masih banyak terdapat rawa-rawa sehingga rawan penyakit malaria.

“Kita juga tahu banyak dataran rendah, daerah-daerah rawa, masalah malaria masih sangat endemis di sini,” ujar Prabowo.

Karena itulah, Prabowo mengatakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) terus bekerja untuk mencari vaksin malaria. Prabowo berharap vaksin malaria segera ditemukan untuk membantu rakyat Papua.

“Kita akan bekerja terus. Kemhan terus riset dengan bantuan negara lain, kita ingin cari vaksin malaria, mudah-mudahan sebentar lagi akan ada vaksin malaria supaya rakyat di daerah rawan malaria bisa terbantu. Jadi ini terus kita lakukan di Papua,” kata Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus memprioritaskan segala kepentingan di Papua. Prabowo menyebut Jokowi adalah Presiden Indonesia yang paling banyak mengunjungi Papua.

“Presiden terus memperhatikan kepentingan Papua. Kalau tidak salah, Pak Jokowi ini mungkin presiden yang paling banyak ke Papua,” kata dia.

“Dalam masa jabatan beliau, mungkin beliau sudah beberapa belas kali ke sini. Ini perhatian dari pimpinan, saya juga kira dalam waktu dekat akan kembali di sini untuk tindak lanjut apa semua yang kita bicarakan,” tambahnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto meresmikan Rumah Sakit Tingkat IV Timika, Papua. Rumah sakit tingkat 4 itu milik TNI, tapi tetap bisa digunakan untuk masyarakat umum.

“Baru saja kita melihat selesainya dibangun rumah sakit tingkat 4 Kesdam 17 Cenderawasih, dan ini rumah sakit saya kira yang baru dibangun, di daerah Timika untuk kepentingan TNI, tapi juga terbuka untuk seluruh rakyat sekitar sini,” ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan tradisi TNI adalah memberikan fasilitasnya kepada rakyat jika dibutuhkan. Dirinya menyebut TNI adalah tentara rakyat yang berarti semua fasilitas TNI akan digunakan seluruhnya untuk masyarakat sekitar.

“Dan itulah tradisinya TNI. Semua fasilitasnya TNI, bilamana diperlukan, akan diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat sekitarnya,” ucap dia.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang membantu menyelesaikan pembangunan rumah sakit tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada suku Kamoro, yang telah menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan rumah sakit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *