Bertepatan Musim Haji, Hidayat Nurwahid Minta KPU Siapkan Skenario Pilpres 2 Putaran

Ingetberita.com,Jakarta- Anggota Komisi VIII DPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta KPU dan pemerintah menyiapkan skenario dan mengantisipasi terkait potensi terkait Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang berlangsung dua putaran, karena bertepatan dengan masa haji.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, menurutnya pemungutan suara di putaran kedua bakal berlangsung 26 Juni 2024, atau sekitar 16 Dzulhijah 1444 H. Saat itu, jamaah haji selesai beribadah tetapi masih di Tanah Suci.

“Itu artinya jamaah haji Indonesia yang jumlahnya sekitar 247 ribu jamaah haji berada di Makkah,” kata Hidayat dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Menurutnya KPU telah menyiapkan skenario untuk mengadakan surat suara keliling di luar negeri bagi WNI agar bisa memilih. Sehingga sudah sewajarnya, kata dia, hal tersebut disiapkan sejak dari sekarang.

Dia pun tidak menginginkan KPU kembali melakukan kecerobohan yang sama seperti kasus yang terjadi di Taiwan pada Desember 2024.

Dia menginginkan KPU menjamin hak pilih masyarakat yang sedang berhaji terjamin.

“Ini suatu hal yang harus dipersiapkan sejak dari awal, karena ini melibatkan begitu banyak hal, termasuk melibatkan pihak Arab Saudi, termasuk melibatkan KBRI, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *