Cak Imin : 5 Persen APBN untuk Dongkrak Pertumbuhan UMKM

Ingetberita.com,Jakarta- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjanjikan sebanyak 5 persen Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan digunakan mendongkrak pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).

Hal itu disampaikan Cak Imin dalam kampanye di Demak sekaligus peluncuran gerakan Amin Preneur di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (23/12/2023).

“Langkah yang harus dilakukan pemerintah adalah keberanian melakukan perubahan investasi untuk mendongkrak besar-besaran seluruh (pertumbuhan) UMKM kita di seluruh Indonesia,” ujarnya.

 “Kami sudah menghitung, kita ambil saja 5 persen dari APBN kita itu jumlah Rp 120 triliun, kalau Rp 120 triliun itu bisa menyerap dari modal mudah murah cepat yang mendongkrak UMKM,” sambung dia.

Cak Imin mengatakan, saat ini APBN Indonesia kurang lebih sekitar Rp 3.000 triliun. Pengelolaan APBN untuk akses modal ke UMKM harus diprioritaskan.

Salah satunya dengan mengubah skema kredit usaha rakyat (KUR) yang disebut masih sulit diakses. “Kalau Amin menang, kami akan rombak total KUR menjadi cara kerja paling cepat dan bunga semurah-murahnya untuk UMKM, bahkan ini terutama (untuk) kaum muda,” ucapnya.

 

 Cak Imin berharap ke depan kaum muda bisa diberikan akses permodalan lebih mudah dengan kalkulasi yang tepat. Dia yakin janji tersebut bisa diwujudkan karena sudah dilakukan kalkulasi oleh para ahli di kubu Anies-Muhaimin.

“Ini sudah kami hitung dengan kemampuan apa? Melibatkan pendampingan pendampingan yang profesional, tangguh, yang tentu saja tidak dilakukan oleh hanya pejabat pemerintah saja,” tandasnya.

 

Related posts