Daftar Pemenang Kompetisi Film Pendek Animasi Islami Tingkat Nasional 2021

Film Pendek

ingetberita.com, Jakarta  – Kementerian Agama mengumumkan tujuh pemenang Kompetisi Film Pendek Animasi Islami Tingkat Nasional 2021. Penganugerahan Juara Kompetisi Film Pendek Animasi Islami dihelat secara daring dan luring, di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Image Building dan Pengembangan IT Wibowo Prasetyo menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Gus Menteri Agama sangat mendukung aktivitas satuan kerja di Kemenag yang memanfaatkan media sebagai sarana dakwah,” tutur Wibowo yang hadir secara virtual mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,

Read More

“Film sangat memberikan pengaruh kepada masyarakat. Masyarakat bisa mengambil banyak pelajaran dari konstruksi cerita film,” imbuhnya.

Kompetisi Film Pendek Animasi Islami merupakan salah satu strategi pengarusutamaan moderasi beragama bagi generasi milenial yang dihelat oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag. Kompetisi ini digelar secara berjenjang, mulai dari tingkat Kanwil hingga Nasional.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyatakan, film pendek animasi islami merupakan alat dakwah yang sesuai dengan generasi milenial dan generasi Z. Menurutnya, saat ini lebih dari 50 % penduduk Indonesia merupakan kelompok dua generasi tersebut.

“Generasi milenial dan generasi Z jumlahnya di atas 50%. Mereka adalah generasi digital yang tidak mudah berkomunikasi dengan mereka kecuali melalui media yang mereka gunakan. Kompetisi Film Pendek Animasi Islami ini merupakan instrumen yang tepat untuk menyapa mereka,” ungkap Dirjen yang juga disampaikan secara virtual.

Penganugerahan ini juga dihadiri secara virtual oleh Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Syamsul Bahri, 34 Pejabat Perwakilan Kanwil Kemenag se-Indonesia, dan para peserta.

Berikut nama pemenang Kompetisi Film Pendek Animasi Islami Tingkat Nasional Tahun 2021:

Juara 1: Suri Tauladan karya Afifeka Harikuncahyo dari Provinsi Jawa Timur,
Juara 2: Haqubot karya Faizal Rizqi dari Provinsi Jawa Barat,
Juara 3: The Difference karya Aga Arsari dari Provinsi Lampung
Juara Favorit: Taubatan Nasuha karya Mohammad Ali dari Provinsi Jawa Timur,
Juara Harapan 1: Flashback karya Apriyal Fakih dari Provinsi Kalimantan Timur,
Juara Harapan 2: Sholat Itu Wajib karya Eko Riswandi dari Provinsi Sumatera Selatan,
Juara Harapan 3: Taubatan Nasuha karya Mohammad Ali dari Provinsi Jawa Timur.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *