Dukcapil se-Jateng Genjot Rekaman KTP-el Menjelang Pemilu 2024

Ingetberita.com, Jakarta – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang semakin dekat, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri gencar melakukan upaya perekaman Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el), khususnya bagi pemilih pemula dan penduduk rentan. Instruksi ini disampaikan oleh Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, dalam Rapat Koordinasi Terbatas Dinas Dukcapil se-Jawa Tengah di Boyolali pada Rabu (7/2/2024).

Dirjen Teguh Setyabudi meminta Dinas Dukcapil se-Jawa Tengah untuk membantu menyukseskan Pemilu 2024 dengan menggenjot perekaman KTP-el. Data progres perekaman Pengelolaan Data Administrasi Kependudukan (PDAK) per Februari 2024 menunjukkan bahwa secara nasional masih terdapat 7.631.965 jiwa atau sekitar 3,66 persen yang belum melakukan perekaman KTP-el.

Read More

Di Jawa Tengah, Dirjen Teguh memberikan apresiasi karena tingkat ketertinggalan lebih rendah, dengan hanya sekitar 555.214 jiwa atau sekitar 1,91 persen yang belum merekam biometrik KTP-el. Meskipun kondisi geografis di Provinsi Jawa Tengah memudahkan akses dan ketersediaan blanko KTP-el mencukupi, Dirjen Teguh menegaskan pentingnya mengejar target perekaman, terutama bagi pemilih pemula dan penduduk rentan.

“Upaya-upaya jemput bola untuk perekaman KTP-el bagi pemilih pemula dan penduduk rentan harus kita kejar. Apalagi mengingat kondisi geografis di Provinsi Jawa Tengah mudah dijangkau dan ketersediaan blanko KTP-el di Provinsi Jawa Tengah tidak ada kekurangan. Maka saya minta Dinas Dukcapil di Jawa Tengah tidak boleh memakai surat keterangan sebagai pengganti KTP-el,” tegas Dirjen Teguh.

Sebagai langkah lebih lanjut, Dirjen Dukcapil telah menerbitkan Surat Edaran Dirjen Dukcapil No. 400.8.1.2/1615/Dukcapil tanggal 6 Februari 2024, yang mengatur Layanan Dukcapil pada Hari Pelaksanaan Pemilu 2024. Dirjen Teguh mendorong Disdukcapil se-Jawa Tengah untuk menyebarkan informasi ini secara luas kepada masyarakat, guna memastikan bahwa perekaman KTP-el bagi pemilih pemula dapat berjalan masif dan maksimal hingga hari pemungutan suara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *