GEMPA Magnitudo 7,4 Guncang Jepang, Tsunami Terjang Ishikawa

Ingetberita.com,Jakarta- Gempa besar berkekuatan 7,4 SR telah melanda Prefektur Ishikawa, Jepang bagian tengah, Senin (1/1/2024) siang WIB.

Pusat gempa berada di Noto, Ishikawa Wajima timur-timur laut dengan jarak 30 km, termasuk gempa dangkal, dengan titik koordinat  Bujur timur 37.5 derajat  137.2 derajat.

NHK memberitakan, peringatan tsunami besar telah dikeluarkan untuk Prefektur Ishikawa. Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk prefektur Niigata, Toyama, Yamagata, Fukui, dan Hyogo yang berada di sepanjang pantai Laut Jepang.

 

Kota Toyama, Prefektur Toyama, juga melaporkan tsunami setinggi 50 cm pada pukul 16:23.

Tsunami telah mencapai pantai Laut Jepang. Tsunami akan terus menghantam pantai dan mungkin akan semakin tinggi. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengungkap, gempa kali ini melanda wilayah Jepang tengah.

Gempa kuat tersebut telah mendorong para pejabat Jepang untuk mengeluarkan peringatan tsunami dan mendesak orang-orang di daerah tersebut untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

“Semua penduduk harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata lembaga penyiaran nasional NHK setelah gempa menghantam wilayah Noto di prefektur Ishikawa sekitar pukul 16.10 waktu setempat (14.10 WIB).

Para pejabat di Kota Suzu, Prefektur Ishikawa, Jepang, mengatakan bahwa mereka telah mengonfirmasi bahwa beberapa rumah dan tiang listrik roboh setelah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter pada Senin sore. Gempa dengan intensitas di atas enam pada skala intensitas Jepang 0 sampai tujuh diamati di kota tersebut.

Seorang penjaga di kantor kota di Kota Wajima, Ishikawa, yang juga mencatat intensitas di atas enam, mengatakan bahwa semua rak di kantor tersebut runtuh.

Penjaga tersebut mengatakan bahwa bangunan tersebut tidak mengalami kerusakan parah, tetapi tanah di depannya dan beberapa bangunan runtuh.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *