Gibran Clingak-clinguk Cari Jawaban Mahfud soal Greenflation

Ingetberita.com,Jakarta– Debat Keempat Cawapres di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, pada Minggu (21/1/2024) menjadi saksi serunya pertarungan gagasan dan visi antara calon wakil presiden.

Masing-masing calon dengan penuh semangat memaparkan visi, misi, dan gagasan mereka untuk masa depan Indonesia, menciptakan momen yang dinanti-nantikan oleh publik.

Salah satu momen menarik dalam debat tersebut adalah gestur unik dari calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

Saat memberikan tanggapan terhadap jawaban dari calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud Md, Gibran menggunakan ejekan “clingak clinguk” seolah-olah sedang mencari jawaban Mahfud Md.

Gestur tersebut tidak hanya menyita perhatian audiens di JCC Senayan, tetapi juga menciptakan sensasi dan pembahasan di kalangan publik.

Tak puas dengan jawaban Mahfud, Gibran kembali menjelaskan mengenai inflasi hijau dengan memberi contoh terjadinya gerakan demonstrasi rompi hijau di Perancis. Peristiwa itu telah menelan korban.

“Ini harus kita antisipasi jangan sampai terjadi di Indonesia,” kata Gibran.

Gibran menilai bahwa transisi menuju energi terbarukan harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan harus belajar ke negara maju.

Menurut Gibran, negara maju saja masih harus menghadapi sejumlah tantangan dalam menghadapi transisi energi hijau.

“Jangan sampai malah membebankan R and D yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada rakyat kecil, itu maksud saya inflasi hijau, Prof Mahfud,” Gibran menjelaskan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *