Ini Jadwal 5 Debat Capres-Cawapres, Perdana 12 Desember di Jakarta

Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2024 oleh 3 pasangan capres-cawapres
Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2024 oleh 3 pasangan capres-cawapres

Ingetberita.com,Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal debat capres dan cawapres. Nantinya ketiga pasangan calon yang maju di Pilpres 2024 itu akan berdebat dan adu gagasan sebanyak lima kali.

Rencananya, debat perdana akan dilakukan pada 12 Desember 2023 di Jakarta. Hal itu dibenarkan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari melalui pesan singkatnya saat dikonfirmasi.

Iya benar di Jakarta, kata Hasyim kepada wartawan, Rabu (29/11/2023).

Selanjutnya, debat akan dilanjutkan pada tanggal 12 Desember 2023. Pada bulan Januari 2024, debat akan diadakan pada tanggal 7 dan 14 Januari. Lalu, debat juga akan diselenggarakan satu kali pada Februari 2024 yaitu tanggal 4.

Pada kesempatan berbeda, Anggota KPU August Mellaz mengatakan KPU memiliki pertimbangan tersendiri soal penyelenggaraan debat capres-cawapres di Jakarta.
Pertimbangan utama adalah faktor mobilisasi atau pengorganisasian yang dianggap lebih mudah mencakup segala hal terkait perdebatan penyelenggaraan.

“Ini bukan Jakartasentris ya, kantor-kantor KPU ya di Jakarta, termasuk nanti mungkin ada faktor-faktor teknis, misalnya mobilisasi segala macam, itu tidak mudah,” ucap Mellaz.

Dia menjelaskan faktor efektifitas juga ikut dipertimbangkan, yakni Jakarta dinilai lebih menarik.

Meski begitu, lanjut dia, KPU masih terbuka jika ada opsi wilayah lain untuk dijadikan tempat penyelenggaraan debat.

Menurut Mellaz, KPU masih membuka ruang diskusi berdiskusi bersama akademisi, lembaga penerbit dan juga tim pemenangan capres cawapres terkait penyelenggaraan debat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *