Jakarta International Architectural Forum 2023

Ingetberita.com, Jakarta – Ekosistem arsitektur dan desain merupakan elemen penting dalam pembangunan kota yang berkelanjutan. Arsitektur dan desain dapat berperan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menciptakan ruang-ruang publik yang nyaman, dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

Arsitektur dan desain merupakan salah satu sub-sektor dalam ekonomi kreatif yang memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial suatu negara. Arsitektur dan desain tidak hanya sekedar menciptakan bangunan atau struktur fisik, tetapi juga mencakup aspek fungsional, estetika, dan lingkungan.

Read More

Perkembangan subsektor Arsitektur dan Desain di Jakarta terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, karya arsitektur dan desain yang menarik dapat menjadi daya tarik wisata yang signifikan bagi suatu daerah atau negara.

Hal ini karena karya arsitektur dan desain yang menakjubkan dapat memikat wisatawan dari seluruh dunia yang tertarik dengan keindahan, keunikan, dan
nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Namun di samping perkembangan subsektor arsitektur dan desain di Jakarta, sektor ini pun menghadapi beberapa tantangan seperti masih terdapat kesenjangan antara desainer dan
masyarakat, serta kurangnya kolaborasi antar lembaga dan komunitas.

Dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Jakarta, pemerintah setempat terus berupaya untuk meningkatkan dukungan dan fasilitas bagi para pelaku industri ekonomi kreatif, dengan demikian, Jakarta dapat terus menjadi kota hub ekonomi kreatif yang maju dan berkembang di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mempunyai komitmen mendukung subsektor arsitektur dan desain yang berkembang, dan berkelanjutan sejalan dengan yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. dalam rangka mewujudkan Jakarta sebagai kota yang kreatif, partisipatif, dan kolaboratif, Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Jakarta International Architectural Forum (JIAF) Tahun Anggaran 2023 ,yang akan diadakan Pada Tanggal 3 – 4 November 2023 bertempat di The Brickhall Fatmawati City Center, Jakarta Selatan,Ujar Harry Purwanto dari  Design+ Art Indonesia  kepada IngetBerita,saat jumpa pers,Senin( 30/10) 2023 di Jakarta.

Jakarta International Architectural Forum muncul sebagai jembatan antara pemerintah,komunitas, profesional, pelaku usaha ekonomi kreatif dan masyarakat. Adapun bentuk program JIAF 2023 adalah Forum dan Pameran karya dan komunitas arsitek dan desain.

Forum dengan topik utama “Membangun Ekosistem Arsitektur dan Desain Melalui Kolaborasi dan Pemberdayaan Komunitas” dengan menghadirkan pembicara international dan pembicara nasional. Acara Forum merupakan ajang diskusi dan berbagi pengalaman mengenai pentingnya ekosistem arsitektur dan desain untuk mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan.

Acara ini akan diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kalangan, termasuk arsitek, desainer, penggiat komunitas, dan pemangku kepentingan di bidang desain.

Dengan Menghadirkan Para Pembicara Forum yaitu:
1. Calvin Chua (Singapore) – Festival Director Archifest 2023
2. Cosmas Gozali (Indonesia) – Curator Jakarta Architecture Festival 2023, IAI
Jakarta
3. Danny Wicaksono (Indonesia) – Founder & Curator Bintaro Design District
4. Osrithalita Gabriela (Indonesia) – Co-Initiator Ibu Arsitek
5. William Ti (Philippines) – Founder & Festival Director Anthology Festival 2020.

Dengam  PESERTA PAMERAN:
1. Instalasi Karya by Cosmas Gozali
2. Instalasi Karya by Ren Katili & Mira Prihatini
3. Fotografi by Sonny Sandjaya
4. Komunitas Alat Seni Organik
5. Heritage & Sketcher
6. Finalis Lomba Foto Arsitek
7. Playo
8. Komunitas Menggambar
9. Milisifilem
10. Jakarta Playground
11. Architecture Books by Architects

Kegiatan forum bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya ekosistem arsitektur dan desain, mempertemukan para stakeholder, berbagi informasi, ide, dan solusi, serta mendorong kerjasama antar lembaga ekosistem arsitektur dan desain Pameran JIAF 2023 akan menampilkan karya-karya arsitektur dan desain yang inovatif dari para professional dan komunitas, pameran ini akan menjadi platform bagi para arsitek dan desainer untuk mempresentasikan ide-ide mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *