Jasa Marga Proyeksikan Lonjakan 6.3% Kendaraan Saat Libur Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024

Ingetberita.com, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, perusahaan pengelola jalan tol terkemuka di Indonesia, memproyeksikan lonjakan lalu lintas sebesar 6.3% dari arus normal selama periode libur Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024. Proyeksi ini mencakup periode H-1 Isra Mikraj hingga H+2 Tahun Baru Imlek, dari tanggal 7 Februari 2024 hingga 12 Februari 2024, dengan total 905.392 kendaraan diperkirakan meninggalkan wilayah Jabotabek.

Menurut Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, langkah-langkah telah diambil untuk memastikan layanan operasi jalan tol berjalan optimal selama periode ini. Fokus utama ditempatkan pada ruas jalan tol yang potensial menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan, seperti Jalan Tol Jagorawi untuk wilayah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk arah Trans Jawa dan Bandung.

Read More

Lisye menjelaskan, “Kami telah meningkatkan jumlah petugas dan mobile reader di gerbang tol utama/barrier, serta menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk memastikan kelancaran lalu lintas. Jasa Marga juga bersiap mendukung rencana rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, sesuai diskresi Kepolisian.”

Dalam persiapannya, Jasa Marga juga mengantisipasi potensi curah hujan tinggi yang diprediksi oleh BMKG dari Februari hingga April 2024. Upaya pemeliharaan dan preservasi jalan tol dilakukan untuk memastikan kualitas jalan tetap baik. Tim Satgas Jasa Marga juga siap tanggap dalam menangani gangguan konstruksi jalan tol dengan cepat dan tepat.

Distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek diperkirakan mayoritas ke arah Timur (47%), diikuti oleh arah Barat (29%) dan Selatan (24%). Rincian distribusi lalu lintas mencakup peningkatan signifikan dari GT Cikampek Utama menuju Trans Jawa (17.3%) dan GT Kalihurip Utama menuju Bandung (20%).

Jasa Marga memberikan imbauan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan liburan melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan, termasuk memeriksa kondisi kendaraan dan pengemudi, mempersiapkan perbekalan, serta memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. Informasi lalu lintas terkini dapat diakses melalui berbagai kanal, termasuk One Call Center 24 Jam Jasa Marga, akun resmi sosial media, dan aplikasi Travoy.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *