Jasa Marga Siapkan Layanan Operasional Nataru di Jalan Tol Jabotabek dan Jawa Barat

Ingetberita.com, Jakarta – Menghadapi lalu lintas libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) yang mengkoordinasikan Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Cawang-Tomang-Pluit, Ulujami-Pondok Aren, JORR Seksi E, W2S, W2U, Cipularang serta Padaleunyi dan sebagian yang masuk jaringan Jalan Tol JORR II yakni Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran serta Bogor Outer Ring Road, melakukan berbagai persiapan layanan operasional dengan fokus pada Layanan Transaksi, Lalu Lintas, Preservasi dan Tempat Istirahat & Pelayanan.

Hal ini disampaikan oleh Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati. ”Secara umum kami melakukan penyiagaan di seluruh ruas tol yang berada di bawah koordinasi Jasamarga Metropolitan Tollroad, diantaranya melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan di Gerbang Tol, menghentikan pekerjaan konstruksi di jalan tol saat periode Nataru, menyiagakan rambu-rambu lalu lintas, serta menyiagakan petugas 24 jam untuk rekayasa atau penanganan lalu lintas,” ujar Widiyatmiko.

Widiyatmiko juga menambahkan bahwa Jasa Marga secara aktif melakukan tindakan pencegahan untuk antisipasi genangan dan longsor, berkoordinasi dengan stakeholder terkait serta memastikan keberfungsian semua unit pendukung seperti CCTV, DMS, RTMS dan radio komunikasi.

Selain itu, upaya peningkatan layanan yang dilakukan Jasa Marga dalam melayani pengguna jalan dalam liburan Nataru 2023/2024 dengan membuka beberapa jalur fungsional yang terdiri dari:

1. Ruas Tol Serpong-Cinere Seksi II (Pamulang-Cinere)
Pengoperasian tanpa tarif ruas tol Serpong – Cinere Seksi II pada segmen Pamulang – Cinere akan diberlakukan mulai 22 Desember 2023 pukul 00:00 WIB. Pengoperasian segmen ini menjadikan Jakarta Outer Ring Road II Wilayah Barat (Ruas Tol Cinere-Jagorawi, Cinere – Serpong, Kunciran – Serpong, dan Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran) tersambung secara utuh. Pengoperasian Ruas  ini dapat menjadi alternatif baru bagi pengguna jalan yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) yang telah terhubung dengan Ruas Tol Jagorawi.

2. Ruas Tol Japek II Selatan Seksi III (Sadang-Kutanegara)
Pengoperasian fungsional Ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan seksi III atau segmen Sadang-Kutanegara secara situasional untuk mengantisipasi kepadatan arus balik di ruas tol Cipularang. Jalur fungsional ini akan dioperasikan menyesuaikan kondisi lalu lintas atas diskresi Kepolisian.

3. Akses Tol Darangdan Km 99 A & B Ruas Tol Cipularang
Akses Darangdan Km 99A (akses keluar) dan Km 99B (akses masuk) Jalan Tol Cipularang direncanakan akan dioperasikan secara fungsional untuk arah Jakarta maupun untuk arah Bandung khusus kendaraan golongan 1 non bus non truk. Akses tersebut berfungsi untuk mendistribusikan lalu lintas arus mudik atau balik, terutama yang menuju dan dari arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat, yang berpotensi mengalami peningkatan pada periode libur Nataru 2023/2024. Dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini, diharapkan menambah pilihan akses keluar dan masuk pengguna jalan dan mengurai kepadatan di jalur arteri selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

4. Akses Tol Km 149 Ruas Tol Padaleunyi
Akses Tol Km 149 ini diberlakukan khusus untuk pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 non bus dan non truk yang menuju Gedebage atau destinasi lain di sekitarnya. Pengoperasian sementara ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan, juga sebagai tambahan alternatif akses menuju destinasi populer di Jawa Barat, seperti Masjid Al-Jabbar dan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol Padaleunyi dan potensi terjadinya kepadatan lalu lintas untuk periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai tanggal 23 Desember 2023 waktu pengoperasian akses Km 149 ini diperpanjang menjadi dimulai pukul 06:00 s.d. pukul 22:00 WIB dari sebelumnya pukul 07.00 s.d. pukul 17:00 WIB

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *