KAI Layani 183 Ribu Penumpang Kereta Api Pada Puncak Libur Natal 2023

Ingetberita.com, Jakarta –PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak libur Natal 2023 menggunakan kereta api terjadi pada Jumat 22 Desember 2023. Pada tanggal tersebut terdapat 183.120 penumpang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI. Rinciannya, 49.223 penumpang kelas eksekutif, 8.282 penumpang kelas bisnis, dan 125.615 penumpang kelas ekonomi.

Jumlah penumpang tersebut okupansinya mencapai 109% (angka 9 % merupakan penumpang dinamis yang turun naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir), dimana KAI pada tanggal 22 Desember 2023 KAI menyediakan sebanyak total 168.756 tempat duduk. Untuk melayani penumpang pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 374 KA.

Read More

Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta – Yogyakarta, Jakarta – Bandung, Jakarta – Surabaya, Jakarta – Purwokerto, Bandung – Jakarta, Bandung – Surabaya, Surabaya – Yogyakarta, dan lainnya.

Volume penumpang KA pada 22 Desember ini meningkat 3% dibandingkan keberangkatan tanggal 21 Desember dimana KAI melayani 177.720 penumpang. Pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat pasca Libur Natal pada keberangkatan 26 Desember 2023. Sampai dengan saat ini, sebanyak 133.339 tiket terjual atau 79% dari tiket yang disediakan pada tanggal 26 Desember 2023, dan masih akan terus bertambah

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI. Ia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan menikmati layanan KAI selama perjalanan.

Joni melanjutkan, tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan. Ia mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket kereta api di aplikasi Access by KAI, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru ini untuk merencanakan perjalanan dengan baik, karena ketersediaan tiket masih cukup banyak,” ujar Joni.

Posisi ketersediaan tempat duduk KA pada masa Liburan Natal & Tahun Baru (Nataru) selama 18 hari (21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024), berdasarkan data pada Jumat tanggal 22 Desember 2023, Total Tiket yang terjual sebanyak 1.668.056 tiket atau 56,13% dari total jumlah tiket yang disediakan. Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih  berlangsung.

Seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan.

“Sebagai langkah pencegahan, KAI memastikan seluruh petugas telah dilakukan vaksinasi. Di samping itu, sebelum kereta api beroperasi setiap harinya, kami selalu mencuci baik eksterior maupun interior dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. Setelah kereta api selesai beroperasi pun, kami lakukan fumigasi di tempat perawatan,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Joni menambahkan, jika nantinya ada kebijakan baru dari pemerintah terkait aturan naik kereta api dengan concern terhadap naiknya kasus Covid-19, KAI akan senantiasa mendukung seluruh kebijakan pemerintah tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *