Kemenkes RI Siap Sebar Nyamuk Wolbachia di 5 Kota

Ingetberita.com,Jakarta- Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyiapkan sekitar 4.100 ember bibit nyamuk berbakteri wolbachia. Nyamuk itu akan digunakan untuk menangani kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jakbar.

“Peluncurannya di Kecamatan Kembangan sebagai percontohan pada awal Desember 2023,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakbar, Erizon Safari, dilansir Antara, Sabtu (14/11/2023).

Ia menjelaskan, ribuan ember nyamuk ber-wolbachia tersebut akan dijaga oleh ‘orang tua asuh’, dalam hal ini pemilik rumah, tempat ember tersebut ditempatkan. Keberadaan nyamuk berbakteri itu pun bakal terus dipantau setiap dua pekan sekali.

Kementerian Kesehatan RI baru-baru ini menerapkan inovasi teknologi nyamuk wolbachia untuk menurunkan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia. Adapun nyamuk wolbachia yang belakangan disebut merupakan nyamuk aedes aegypti yang diinfeksi dengan bakteri wolbachia.

Wolbachia sendiri adalah bakteri yang hanya dapat hidup di dalam tubuh serangga, termasuk nyamuk. Bakteri ini tidak dapat bertahan hidup di luar sel tubuh serangga dan tidak bisa mereplikasi diri tanpa bantuan serangga inangnya.

Selain di Indonesia, pemanfaatan teknologi wolbachia juga telah dilaksanakan di 12 negara lainnya, bahkan kota dari berbagai negara tersebut untuk pencegahan dbd atau dengue.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *