Ketua WHO Kembali Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Ingetberita.com,Jakarta – Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengulangi seruannya pada  untuk segera melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza.

Tedros menyampaikan seruan tersebut pada konferensi pers tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Koresponden Terakreditasi PBB di Jenewa.

Direktur Jenderal dipuji sebagai orang yang “penting” resolusi yang diadopsi pada sesi khusus Dewan Eksekutif WHO mengenai situasi kesehatan di wilayah pendudukan Palestina, yang menyerukan pengiriman bantuan kemanusiaan segera, berkelanjutan dan tanpa hambatan di Gaza, termasuk personel medis.

Resolusi tersebut juga meminta Tedros untuk terus melaporkan dampak krisis ini terhadap kesehatan masyarakat, menilai dampak krisis terhadap kesehatan mental, meningkatkan bantuan teknis dan material, dan memperkuat kerja sama badan kesehatan tersebut dengan para mitranya.

Namun, tugas-tugas ini hampir mustahil dilakukan dalam situasi saat ini, kata Tedros. “Satu-satunya solusi nyata adalah gencatan senjata segera,” tuturnya.

Tahun ini, tercatat lebih dari 1.200 serangan terhadap petugas kesehatan, pasien, rumah sakit, klinik, dan ambulans, di 19 negara, yang mengakibatkan hampir 700 kematian dan lebih dari 1.100 cedera.

Tedros mengecam serangan terhadap kesehatan sebagai pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional, dan mengatakan bahwa kesehatan tidak boleh menjadi target.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *