Legenda Sepakbola Jerman Franz Beckenbauer Meninggal pada Usia 78 tahun

Ingetberita. Com, Jakarta –  Legenda sepakbola Jerman Franz Beckenbauer dan salah satu pemain sepak bola terhebat yang menjadi kapten negaranya saat meraih kejayaan Piala Dunia pada tahun 1974 meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Beckenbauer telah menekuni olahraga ini sebagai pemain, pelatih, pakar dan administrator selama lebih dari setengah abad dan dikagumi secara luas secara global.

“Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan tenang dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya,” demikian bunyi pernyataan dari keluarganya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan pada X, “Pemenang Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih: Franz Beckenbauer adalah salah satu pesepakbola terhebat di Jerman dan bagi banyak orang ‘der Kaiser’ juga karena kegembiraan terhadap Sepak Bola Jerman yang ia ciptakan selama beberapa generasi.”

Beckenbauer adalah pemain untuk Jerman Barat dan Bayern Munich pada tahun 1960an dan 70an.
“Dunia FC Bayern tidak lagi seperti dulu – tiba-tiba menjadi lebih gelap,” kata klub itu dalam sebuah pernyataan.

” Jerman berduka atas kehilangan Franz Beckenbauer, ‘Kaiser’ unik yang tanpanya FC Bayern tidak akan menjadi klub seperti sekarang ini.”

Dia memperoleh 103 caps untuk Jerman Barat, memenangkan Kejuaraan Eropa 1972 dan kemudian Piala Dunia di kandang sendiri dua tahun kemudian, setelah kalah di final dari Inggris pada tahun 1966.

Pada tahun 1970 ia terkenal bermain di sebagian besar semifinal Piala Dunia melawan Italia.

Tim Bayern yang dipimpinnya merupakan klub terbaik di dunia pada pertengahan tahun 1970an, memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut dan tiga gelar Bundesliga berturut-turut, dan Beckenbauer dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa tahun ini.

Dia kemudian membuat langkah kontroversial ke Amerika Serikat, bergabung dengan tim “all-star” New York Cosmos, yang dia bantu meraih tiga gelar domestik, sebelum kembali ke Jerman dan membantu Hamburg meraih mahkota Bundesliga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *