Mastercard Mengumumkan Kemitraan Strategis dengan MRT Jakarta

Ingetberita.com,Jakarta –  Mastercard dan PT MRT Jakarta (Perseroda), operator fasilitas dan infrastruktur MRT Jakarta, hari ini mengumumkan kemitraannya untuk meningatkan pengalaman bertransportasi secara nontunai. Kolaborasi signifikan ini diumumkan pada acara peresmian Stasiun Senayan Mastercard, yang sebelumnya dikenal sebagai Stasiun Senayan.

Sebagai mitra strategis MRT Jakarta, Mastercard menghadirkan opsi yang nyaman untuk mengisi (topup) dan membeli kartu MRT secara nontunai bagi para pengguna MRT Jakarta. Kini, penumpang dapat mengisi kartu MRT di semua loket MRT menggunakan kartu debit Mastercard. Penumpang juga memiliki opsi untuk membeli tiket lewat aplikasi MyMRTJ menggunakan kartu kredit Mastercard, yang menandai penerimaan kartu kredit untuk pertama kalinya di aplikasi ini. Selain itu, semua kartu Mastercard dapat digunakan untuk membeli kartu MRT di semua loket stasiun.

MRT Jakarta mengalami pertumbuhan jumlah penumpang yang signifikan sejak pertama kali diluncurkan pada 2019. Hingga November 2023, jumlah penumpang rata-rata harian MRT Jakarta telah melonjak hingga menjadi 100.000 penumpang, melampaui target 70.000 penumpang per hari. Dengan pembangunan fase 2 proyek konstruksi MRT Jakarta yang sedang berlangsung, jumlah penumpang dari Lebak Bulus sampai dengan Ancol diperkirakan mencapai 290.000 per hari.

Selama lebih dari satu dekade, Mastercard telah bekerja sama dengan berbagai operator transportasi umum dalam upaya mereka untuk meningkatkan efisiensi operasional sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna. Setiap tahun, lebih dari 4 miliar transaksi mobilitas, meliputi transportasi umum dan pribadi, diproses melalui jaringan global Mastercard. Di Indonesia, dengan memfasilitasi pembayaran non tunai di transportasi umum, yang merupakan rutinitias sehari-ari bagi jutaan masyarakat Indonesia, kemitraan MRT Jakarta dan Mastercard ini akan mendukung agenda Pemerintah Indonesia dalam mendorong transformasi digital dalam sektor transportasi.

Tuhiyat, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) mengatakan bahwa MRT Jakarta terus mendorong kerja sama dan kolaborasi dalam memajukan sistem transportasi publik untuk mendukung gaya hidup masyarakat di berbagai bidang. “Kemitraan antara MRT Jakarta dan Mastercard ini melengkapi dan menunjukkan bahwa MRT Jakarta merangkul dan terbuka dengan siapa saja dalam hal mengembangkan Jakarta sebagai episentrum ekonomi dan bisnis nasional. Ke depannya, kami berharap lebih banyak lagi kerja sama dan inovasi yang dapat dikolaborasikan dengan Mastercard untuk meningkatkan pengalaman penumpang MRT Jakarta,” pungkasnya.

Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia, menyatakan, “Di Mastercard, kami memanfaatkan jaringan dan teknologi global kami untuk membantu menjawab tantangan di sektor publik, seperti lewat digitalisasi layanan publik yang vital. Salah satunya adalah transformasi dalam sektor transportasi, di mana Mastercard bekerja sama dengan banyak mitra di seluruh dunia untuk memberikan pengalaman bertransportasi yang mudah dijangkau sehingga memacu peningkatan jumlah penumpang,

serta meningkatkan efisiensi dan inovasi. Kolaborasi pertama antara PT MRT Jakarta dan Mastercard di Indonesia bertujuan untuk memastikan akses transportasi yang lebih baik dan lebih mudah bagi penduduk dan wisatawan di Jakarta, dimulai dengan pembayaran nontunai yang nyaman dan aman. Karena mobilitas merupakan bagian penting dari sebagian besar penduduk, inisiatif ini dapat mengubah perilaku konsumen ke pembayaran nontunai secara lebih masif. Dengan demikian, hal ini dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan mendorong transformasi serta inklusi digital.”

Pengumuman kemitraaan ini menandai kolaborasi pertama antara Mastercard dan MRT Jakarta. Kemitraan ini merupakan bagian dari strategi besar Mastercard dan MRT Jakarta untuk meningkatkan mobilitas perkotaan di Indonesia, menjadi tonggak penting dalam menuju perubahan lanskap perkotaan yang lebih terintegrasi dan terdepan dalam era digital.

Kerjasama ini selaras dengan komitmen global Mastercard untuk mendukung pemerintah di seluruh dunia dalam mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan efisien, serta menguntungkan masyarakat. Dengan inisiatif baru dengan MRT Jakarta ini, Jakarta menjadi bagian lebih dari ratusan metropolitan di seluruh dunia termasuk Singapura, London, New York, dan Bangkok, di mana Mastercard telah membantu dalam penerapan sistem tranportasi yang nirsentuh (contactless).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *