Ormas Islam Sepakat Salat Idul Adha di Rumah

ingetberita.com,Jakarta- Wakil Presiden Ma’ruf Amin berdiskusi dengan sejumlah ormas Islam terkait pelaksanaan Salat Idul Adha di tengah pandemi COVID-19. Ma’ruf menyebut ormas-ormas Islam sepakat untuk melaksanakan Salat Idul Adha di rumah masing-masing.

“Semua tadi sudah sepakat membuat pernyataan bersama penegasan sebenarnya sudah ada pernyataan sebelumnya masing-masing, MUI, ormas-ormas Islam juga tetapi malam ini sepakat untuk membuat pernyataan bersama sebagai satu ketegasan sikap bahwasanya untuk Idul Adha kali ini dengan tetap melaksanakan ibadah tetapi memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jiwa manusia, karena itu dilakukan di rumah saja,” ujar Ma’ruf dalam konferensi pers virtual, Minggu (18/7/2021).

Ma’ruf menyebut keputusan ini diambil karena banyaknya anggapan Indonesia sebagai pusat penyebaran virus Corona alias episentrum baru. Apalagi, kini telah ada varian Delta yang lebih cepat menular di Tanah Air.

“Semua sepakat bahwa jangan sampai penyelenggaraan Idul Adha ini kemudian menjadi klaster baru yang menambah semakin tingginya tingkat penularan,” tegasnya.

Selain itu, Ma’ruf dan ormas-ormas Islam sepakat terkait takbir di rumah saja atau secara virtual. Penyelenggaraan penyembelihan hewan juga tidak di masjid.

“Penyembelihan kurban itu supaya dilakukan melalui Rumah Potong Hewan dan dibagikan diantar dari rumah ke rumah. Ini kesepakatan malam ini,” ucap Ma’ruf.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *