Posko PPDB Wajib Siapkan Pendamping bagi Orangtua Calon Siswa

Ingetberita.com -Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak mengimbau 11 Posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang telah disiapkan Dinas Pendidikan DKI dapat membantu orangtua Calon Peserta Didik Baru (CPDB) jika mengalami kesulitan mendaftar.

Ia berharap, seluruh petugas di posko PPDB sigap membantu orangtua mendaftarkan anaknya mulai jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), juga Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengisi ataupun mengunggah dokumen yang diperlukan melalui laman resmi PPDB.

“Jadi harus ada orang yang bisa mendampingi para ibu atau bapak untuk menjelaskan cara mendaftar, atau membantu bila ada masalah. Harus betul betul jadi perhatian, jangan sampai karena kurang paham akhirnya ada kesalahan teknis,” ujar Jhonny saat dihubungi, Senin (10/6).

Ia khawatir apabila petugas di Posko PPDB tidak sigap, maka calon peserta didik gagal mendapat sekolah negeri, khususnya untuk anak kategori tidak mampu yang akan mendaftar di jalur afirmasi.

“Jadi batal sekolah karena orangtua enggak paham teknologi, si anak jadi batal sekolah karena ada kesalahan. Tentu ini yang rentan karena ketidakmampuan mereka akan merespon teknologi,” ungkap Jhonny.

Ia mengaku banyak mendapat keluhan dari orangtua CPDB yang memiliki keterbatasan teknologi. Sehingga kesulitan karena tidak paham akan alur pendaftaran online.

“Nah orang seperti itu yang harus dilayani, mereka harus betul-betul tersosialisasikan secara baik kepada orangtua murid. Jadi ada edukasi yang baik dari Pemerintah kepada orangtua murid,” tutur Jhonny.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *