Ratusan Paket Pangan Ramadan ACT Bahagiakan Janda, Difabel, Lansia hingga Pejuang Transportasi

Ingetberita.com, Jakarta – Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kediri terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangan di bulan Ramadan melalui berbagai program. Salah satunya dengan pendistribusian paket pangan bergizi kepada masyarakat yang membutuhkan. Pendistribusian kali ini menyasar masyarakat tergolong prasejahtera di Desa Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri. Mereka di antaranya yakni lansia, janda, bahkan difabel.

M. Nur Ichwan dari Tim Program ACT Kediri menjelaskan program ini akan terus dimasifkan seiring hadirnya kolaborasi dengan berbagai mitra dan relawan ACT Kediri. Ichwan berharap di bulan yang penuh berkah ini, tim bisa menghadirkan program-program yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat prasejahtera. Dengan total bantuan sebanyak 40 paket.

Read More

“Semoga ikhtiar kita ini menjadi kebahagian masyarakat prasejahtera dalam menyambut bulan puasa kali ini. Serta semoga para donatur diberikan kesehatan dan kemudahan rezekinya,” tutur Ichwan.

Salah satu penerima manfaat, Setyaningsih mengucapkan terima kasih kepada Tim ACT dan MRI Kediri karena sudah berbagi paket pangan. Ia bersyukur karena masih banyak orang yang perhatian terhadap janda sepertinya. Perempuan yang bekerja sebagai buruh tani tersebut mengaku kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Saya belum pernah makan kurma dan buah selama bulan puasa ini. Lebih baik uangnya digunakan untuk beli beras agar bisa lebih hemat, mbak,” ungkapnya terharu.

Di sisi lain, dampak pandemi Covid-19 juga melumpuhkan beberapa sektor usaha, salah satunya adalah para pejuang transportasi umum. Di Terminal Cileungsi misalnya, saat pandemi jumlah kendaraan yang beroperasi turun drastis. Akhirnya banyak pekerja terminal harus bekerja bergantian, bahkan sampai hanya bekerja sekali dalam sepekan. Kondisi ini membuat mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sehingga, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bogor Timur pun berikhtiar untuk membantu para pejuang transportasi di Terminal Cileungsi.

Hingga saat ini, sudah ratusan paket pangan didistribusikan. Tidak hanya di Kediri dan Bogor, bantuan ini telah dilaksanakan di beberapa daerah, seperti Surakarta, Pangkalpinang, Makassar, dan beberapa daerah lain di Indonesia serta luar negeri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *