SpaceX Akan Melakukan Uji Penerbangan Baru untuk Roket Raksasa Starship

Ingetberita.com,Jakarta – SpaceX berencana untuk melakukan uji penerbangan ketiga roket raksasa Starship pada tanggal 14 Maret mendatang, dengan persetujuan regulasi yang sedang menunggu, demikian diumumkan oleh perusahaan tersebut pada hari Jumat.

Uji penerbangan ketiga ini bertujuan untuk membangun dari hasil penerbangan sebelumnya sambil mencoba sejumlah tujuan ambisius, termasuk pembakaran naik yang sukses dari kedua tahap, membuka dan menutup pintu muatan Starship, demonstrasi transfer propelan selama fase coast tahap atas, penyalakan ulang mesin Raptor pertama kali di ruang angkasa, dan pendaratan terkendali Starship.

Selain itu, roket ini akan terbang dengan jalur baru, di mana Starship diarahkan untuk mendarat di Samudera Hindia. Jalur penerbangan baru ini memungkinkan tim misi untuk mencoba teknik-teknik baru seperti pembakaran mesin di ruang angkasa sambil memaksimalkan keselamatan publik.

Pesawat luar angkasa Starship dan roket Super Heavy milik SpaceX, secara kolektif disebut sebagai Starship, merupakan sistem transportasi yang sepenuhnya dapat digunakan kembali yang dirancang untuk membawa kru dan kargo ke orbit Bumi, Bulan, Mars, dan lebih jauh.

SpaceX melakukan uji penerbangan pertama dari Starship dan roket Super Heavy yang sepenuhnya terintegrasi pada bulan April tahun lalu, tetapi kendaraan itu meledak setelah lepas landas dari landasan peluncuran di Starbase SpaceX di Boca Chica, Texas Selatan.

Pada uji penerbangan kedua pada November tahun lalu, Starship meluncur dari landasan peluncuran, tetapi meledak beberapa menit setelah lepas landas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *