Universitas Jakarta Optimis Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Era AI 

Rektor Universitas Jakarta, Shafiria Sada Manaf bersama Ketua Alumni Fakultas Hukum Universitas Jakarta, Rolas Budiman Sitinjak.

Ingetberita.com, Jakarta – Universitas Jakarta salah satu perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak tahun 1964 selalu berkomitmen mencerdaskan kehidupan bangsa kini semakin berbenah diri untuk meningkatan mutu pendidikan di Era AI (Artificial Intelligence) saat ini dengan biaya yang masih terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah demikian disampaikan Rektor Universitas Jakarta, Shafiria Sada Manaf dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad dengan para Dosen, Mahasiswa dan Ketua Alumni FH Unija, Rolas Budiman Sitinjak di Kampus Universitas Jakarta, Sabtu (21/10/203/23).

Rolas Budiman Sitinjak (Ketua Alumni FH Universitas Jakarta)

Ketua Alumni Universitas Jakarta, Rolas Budiman Sitinjak yang merupakan salah satu alumni jebolan Fakultas Hukum Universitas Jakarta yang sukses meniti karir sebagai pengacara dan pejabat di Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN-RI) yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa dirinya sangat mengenal Universitas Jakarta dan siap bersinergi mendukung Universitas Jakarta kedepan.

Ketua Alumni FH Universitas Jakarta, Rolas Budiman Sitinjak yang juga merupakan ketua komisi advokasi BPKN-RI dan telah berhasil menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum ini mengatakan “Saya kuliah disini di Universitas Jakarta tahun 1996 dan menyelesaikan perkuliahan tahun 2000 awal sudah selesai. Sejak itu kita masih sering berkomunikasi bersama alumni. Diluar kampus setelah kita sudah selesai, kebetulan kita di komunitas alumni itu cukup kompak, cukup solid, Nah kemarin kita mengadakan pemilihan ketua alumni, seyogianya mengingat kesibukan yang begitu banyak harusnya saya hanya tim supporting saja tetapi teman-teman mempercayakan supaya saya yang menjadi koordinator, kalau dibilang ketua terlalu tinggi lah tepatnya koordinator alumni.”

Rolas menceritakan bahwa dirinya ketika menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jakarta berprofesi sebagai seorang supir metromini, dan dia sering dipanggil dosen ketika itu “supir metromini” sebutan tersebut tidak membuat dia marah, malah itu memotivasi dirinya untuk bisa lebih baik lagi kedepannya. “Jangan Baper ( bawa perasaan” itu pesan Rolas kepada adik-adik mahasiswa di Universitas Jakarta.

Terkait program kedepannya Rolas mengatakan “Kedepan program sasaran kita yang paling utama adalah bagaimana menumbuhkembangkan adik-adik mahasiswa ini. Nanti setelah mereka menyelesaikan kuliah itu mau kemana, dan orang yang mereka tanya pertama itu harus kita sebagai alumni. Jadi kita akan mengarahkan adik-adik mahasiswa setelah tamat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.”

Yang kedua ketua alumni FH Unija ini akan membantu dan memprioritaskan alumni Unija yang baik dan bagus agar bisa bekerja di kantor lawyernya.
“Ketika dikantor kami kurang orang biasanya sih ya adik-adik mahasiswa yang kita kenal yang kita prioritaskan, adik-adik alumni yang baik, yang bagus yang bisa kita kader, yang bisa kita didik, yang jujur, biasanya kita tempatkan dikantor kita atau dikantor-kantor teman yang sedang membutuhkan staff atau calon lawyer-lawyer muda,” ujar Rolas kepada awak media.

Dan yang ketiga menurutnya adalah kegiatan sosial yaitu kegiatan yang output nya ke sosial yang dalam arti banyak hal. Nanti kita akan banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah di programkan oleh teman-teman dari panitia.

Rektor Universitas Jakarta, Shafiria Sada Manaf didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Jakarta, Ahmad Farhan Choirullah, S.H.I.,MA dan para Dosen pada acara Maulid Nabi Muhammad di Kampus Universitas Jakarta.

Yang terakhir menurut Rolas adalah bidang Profesional kenapa bidang Profesional jadi yang terakhir. Rolas menjelaskan sebenarnya ini bidang yang paling penting. Kita sebagai alumni punya tanggungjawab untuk memberikan masukan, saran dalam bentuk menjadi narasumber utama yang ditanya oleh adik-adik mahasiswa. Kita di dunia kerja itu seperti apa, baik bicara etituted profesionalisme, bicara pekerjaan khususnya mengenai bidang-bidang yang kita tekuni, yang linier contohnya Sarjana Hukum yang bekerja dibidang hukum yaitu dibidang kami, kami sebagai advokat atau pengacara apalagi ada adik-adik mahasiswa tanggungjawab saya, tanggungjawab kami alumni.

“Yang paling mahal di dunia hukum adalah ada yang melatih atau tidak, ada yang mengarahkan atau tidak, ada yang bimbing atau tidak,” ucap Rolas.

Rolas berpesan kepada adik-adik alumni “ jika kamu ingin berhasil ada 3 hal yang harus diingat yang pertama bekerja keras, kedua Jujur, dan jangan mudah patah semangat atau bahasanya jaman sekarang jangan baperan, kalo gagal sekali coba lagi, kalo gagal sekali coba lagi. Yang mengilhami saya ketika saya gagal adalah Albert Einstein sudah berapa ratus kali dia gagal kalau dia patah semangat dan berhenti dia tidak jadi orang hebat.”

“Selamat pada Bu Rektor kita sama-sama membangun Universitas Jakarta agar Unija kembali ke kejayaannya di jaman-jaman kami dulu. Saya bangga menjadi alumni Universitas Jakarta dimanapun saya berada, saya tidak pernah malu menjadi alumni Unija.” Tutup Rolas.

(Edison)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *