Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA) Perluas Kerjasama Dengan Cambridge Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Siswa dan Guru

getberita.com, Jakarta – Sejak didirikan pada 7 April 1952, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA) melalui sekolah-sekolah Al Azhar dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi, telah berkomitmen pada visi dan misi untuk mewujudkan cendekiawan muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia, cerdas, cakap, percaya diri, dan berwawasan global.

“Mewujudkan siswa yang berwawasan global adalah salah satu fokus utama Al Azhar. Cambridge memfasilitasi kami dengan materi pembelajaran, pelatihan, dan penilaian bahasa Inggris bertaraf internasional dan berstandar CEFR (Common European Framework of Reference for Languages). Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan Cambridge,” ujar Ai Kiki Rokibah, Kepala Direktorat Pendidikan Dasar & Menengah YPI Al Azhar.

Acara penandatanganan kerjasama yang berlangsung pada Kamis, 6 Juni 2024, berlokasi di kampus pusat Al Azhar, Jl. Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, turut disaksikan oleh Matthew Downing, Deputi Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste.

“Saya berharap kerjasama ini memberikan dampak nyata terhadap peningkatan keterampilan bahasa Inggris guru dan siswa Al Azhar, menunjang kualitas pembelajaran, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan orang tua siswa terhadap kualitas pendidikan di sekolah-sekolah Al Azhar di Indonesia,” tambah Drs. Nuri Muhammadi, M.Pd., Ketua Pengurus YPI Al Azhar Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sonya Tobing, Country Head, Cambridge University Press and Assessment Indonesia, juga memaparkan bahwa “Cambridge menerbitkan edisi spesial yang dirancang khusus untuk sekolah Al Azhar melalui berbagai judul buku seperti Super Minds dan Think. Edisi khusus ini disesuaikan dengan visi dan misi sekolah Al Azhar dan nilai-nilai kekhasan Al Azhar dalam mewujudkan cendekiawan muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia, cerdas, cakap, percaya diri, serta berwawasan global.”

Cambridge English melalui Cambridge English Qualifications Digital yang berstandar CEFR mensertifikasi keterampilan bahasa Inggris siswa dan guru-guru Al Azhar. Sertifikasi Cambridge diakui secara global dan diterima oleh ratusan organisasi di dunia, memungkinkan siswa dan guru Al Azhar untuk meraih masa depan yang lebih baik di tingkat internasional. “Cambridge ‘membukakan pintu’ bagi siswa kami dalam meraih peluang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Tingkat internasional dan mampu bersaing di era global,” tambah Drs. H. Muhammad Yasin, M.M., Kepala Bidang Kurikulum & Pengembangan Program YPI Al Azhar.

Dengan adanya kerjasama ini, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan di semua jenjang sekolah Al Azhar. Melalui sinergi dengan Cambridge, Al Azhar berkomitmen untuk memberikan pendidikan bertaraf internasional yang dapat membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global. Ke depan, YPIA berencana untuk terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berwawasan global bagi
seluruh siswa di Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *