Zelensky: Tidak Ada Yang Tahu Kapan Konflik Rusia-Ukraina Berakhir

Ingetberita.com,Jakarta – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan tidak ada yang tahu”kapan konflik Rusia-Ukraina akan berakhir.

“Saya pikir tidak ada yang tahu jawabannya. Bahkan orang-orang terhormat, komandan kami dan mitra Barat kami, yang mengatakan perang akan berlangsung bertahun-tahun, mereka tidak tahu,” kata Zelensky pada konferensi pers yang disiarkan langsung oleh lembaga penyiaran publik Ukraina, Suspilne.

Read More

Mengomentari pencapaian Ukraina dalam konflik tahun 2023, Zelensky mengatakan bahwa Ukraina memperoleh “kemenangan besar” di Laut Hitam.

“Di Ukraina dan di luar negeri, semua orang dapat menghargai bahwa armada Rusia telah kehilangan dominasi total mereka di Laut Hitam Ukraina,” kata Zelensky, seraya menegaskan bahwa Rusia belum mencapai satu pun tujuannya tahun ini.

Saat berbicara mengenai serangan balik Ukraina, Zelensky mengatakan fakta bahwa Ukraina tidak menguasai langit dan tidak memiliki cukup amunisi telah berdampak pada operasi militer di wilayah selatan tahun ini.

Zelensky mengatakan para komandan militer telah menawarinya untuk memobilisasi 450.000-500.000 tentara tambahan untuk berpartisipasi dalam pertahanan Ukraina dan potensi operasi serangan balik, namun keputusan mengenai mobilisasi mereka belum disetujui.

Ketika ditanya tentang prospek bergabungnya sebagian Ukraina ke dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Zelensky mengatakan opsi tersebut tidak mungkin dilakukan karena adanya risiko tertentu.

Zelensky juga mencatat bahwa Kiev belum menerima proposal resmi mengenai aksesi parsial ke aliansi tersebut.

Mengomentari penguatan kemampuan pertahanan Ukraina, Zelensky mengatakan bahwa negaranya akan segera menerima beberapa sistem pertahanan udara Patriot baru dan Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional dari mitranya.

“Selain itu, tahun depan, Ukraina berencana memproduksi sekitar 1 juta drone,” kata Zelensky

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *